4 Tips Menyiasati Anak Sulit Makan

4 Tips Menyiasati Anak Sulit Makan

Siapa sih yang tidak pusing jika anak sulit makan? Tentu siapa pun yang mengalaminya akan bingung mengatasinya. Ada anak yang susah makan dalam waktu beberapa jam, bahkan ada pula anak yang mengalami susah makan lebih dari sehari.

Sebagai orang tua, tentu kita akan bingung dengan keadaan anak yang seperti itu. Padahal makan adalah salah satu kebutuhan diri yang harus dipenuhi. Anda harus segera mungkin mengambil kebijakan agar anakmu bersedia untuk makan kembali.

Pada artikel kali ini, kami akan menginformasikan mengenai permasalahan susah makan yang dialami oleh anak. Setelah membaca artikel ini, kami berharap anak Anda mau untuk makan kembali seperti biasanya karena makanan sebagai sumber protein yang penting untuk pertumbuhan anak.

Penyebab Anak Sulit Makan

Orang tua wajib mengetahui penyebab anak susah makan. Hal ini agar memudahkan Anda dalam mengatasinya. Berikut beberapa hal yang menyebabkan seorang anak susah makan alias tidak nafsu makan.

  1. Bosan dengan menu makanan

Anak susah makan biasanya disebabkan karena mereka bosan dengan menu makanan yang dimasak di rumah. Menu yang itu-itu saja tentu akan membuat anak malas memakannya.

  1. Sedang sakit tertentu

Kondisi tubuh yang sedang tidak fit juga bisa membuat anak sulit untuk makan. Hal ini dikarenakan nafsu makan berkurang dan merasa tidak enak  untuk mengonsumsi apa pun.

  1. Anak kebanyakan jajan di luar

Anak yang sering jajan di luar juga bisa membuat mereka malas makan. Apalagi jika mereka kebanyakan makanan ringan yang bermsg atau banyak pengawet buatan, tentu mereka akan semakin sulit untuk makan.

  1. Sistem pencernaan bermasalah

Jika pencernaan anak bermasalah, tentu mereka akan malas untuk makan. Hal ini dikarenakan rasa mual yang mereka rasakan menghambatnya untuk makan.

  1. Memiliki masalah dengan orang lain

Anak juga biasanya tidak mau makan karena mereka memiliki masalah dengan orang lain. Misalnya dengan teman atau bahkan dengan keluarganya. Mereka selalu kepikiran dengan masalah itu sehingga malas untuk makan.

Setelah mengetahui penyebab dari sulitnya anak untuk makan, maka selanjutnya Anda tentu ingin mengetahui cara membangkitkan nafsu makannya, ‘kan? Dengan membangkitkan nafsu makan anak, tentu kebutuhan nutrisi anak akan terpenuhi. Nah bagaimana cara kita membangkitkan nafsu makan anak agar anak mau untuk makan?

Tips Membangkitkan Nafsu Makan Anak

  • Sering mengganti menu makan anak

Menu makan di rumah yang selalu berbeda-beda tentu akan membuat anak nafsu makan. Anda bisa mengganti menu makan anak setiap harinya namun tetap memperhatikan pengeluaran Anda.

  • Kreatif dalam menyajikan makanan

Sajikan makanan dengan bentuk-bentuk yang unik dan menarik. Anda bisa membuat makanan sekreatif mungkin agar anak tertarik untuk memakannya. Sehingga mereka rajin makan tiap hari dan pastinya nutrisi mereka akan terpenuhi.

  • Kurangi kebiasaan jajan anak

Jangan memberi uang yang banyak kepada anak Anda. Kurangilah jatah uang jajan si anak agar mereka tidak boros dalam menggunakannya.

  • Berkomunikasilah dengan anak

Sering-seringlah berkomunikasi dengan anak Anda. Buatlah anak menjadi lebih terbuka. Hal ini tentu akan membuat anak mudah untuk bercerita apalagi jika mereka sedang memiliki masalah.

Nah itulah beberapa penyebab anak susah makan sekaligus cara membangkitkan nafsu makan mereka. Tentu dengan membaca ulasan di atas, anak Anda akan mudah untuk makan dan pastinya kebutuhan nutrisinya akan terpenuhi dengan aman. Si anak juga pasti akan tumbuh dengan baik dan sehat.