Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Pernahlah kamu mengalami rasa gatal di kulit kepalamu? Apakah kamu mengetahui penyebabnya? Biasanya rambut gatal disebabkan karena ketombe yang menempel di kulit rambut. Pernahkah kamu mengalaminya?

Rambut gatal karena ketombe tentu sangat menyebalkan. Bahkan sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagi pria, permasalahan rambut berketombe tentu akan mengganggu penampilan. Mereka pasti akan merasa malu dan tidak percaya diri dengan rambut mereka yang kotor. Tak heran jika mereka mencari solusinya.

Selain pria, permasalahan rambut gatal karena ketombe juga dialami oleh kaum wanita. Para wanita tentu meyakini bahwa rambut adalah mahkota agung kebanggaan mereka. Jika rambut kotor, tentu akan membuat penampilan mereka tidak sempurna. Maka dari itu, banyak kaum wanita merasakan ketidakpercayadiriannya juga.

Permasalahan rambut gatal karena berketombe juga dialami oleh wanita berhijab. Mereka yang setiap hari harus menutup mahkotanya itu tentu akan merasa kesulitan bahkan tidak nyaman jika rambut mereka gatal karena ketombe. Mereka tentu sering membuka hijabnya dan membersihkannya setiap saat agar gatal di rambut mereka cepat menghilang.

Sebenarnya permasalahan seperti di atas bisa terjadi oleh siapa pun. Bahkan anak-anak juga akan mengalaminya jika mereka tidak merawatnya. Tentu kamu ingin tahu cara mengatasi ketombe bukan? Sebelum mengetahui cara mengatasinya, alangkah baiknya kamu mengetahui penyebab dari permasalahan rambut berketombe itu.

Penyebab Rambut Ketombe

Ada beberapa penyebab yang membuat rambut seseorang berketombe. Adapun penyebabnya antara lain sebagai berikut.

  • Sering mengabaikan keramas

Jika kamu sering mencuci rambut alias sering berkeramas tentu tidak akan baik bagi rambutmu. Kondisi rambut yang sering dicuci lama-kelamaan akan cepat iritasi. Sering membersihkan rambut bukan berarti rambutmu akan terjaga kebersihannya. Sebaliknya, jarang membersihkan rambut juga akan berpengaruh terhadap rambutmu. Kondisi kepala yang jarang dibersihkan maka akan membuat kulit kepala semakin kotor.

  • Sering terpapar sinar matahari

Kondisi kepala yang sering kena panas matahari juga akan membuat keringat di kepala semakin banyak. Jika dibiarkan, tentu kepalamu akan cepat kotor apalagi terkena debu setiap saat. Maka dari itu hindarilah paparan sinar matahari.

  • Salah menggunakan produk shampoo dan conditioner

Seseorang yang salah menggunakan shampo dan conditioner juga akan menyebabkan rambutmu gatal. Ketidakcocokan ini membuat rambut kotor sehingga muncul ketombe.

Setelah mengetahui penyebab dari gatal karena berketombe, kini giliran cara mengatasinya. Tentu kamu ingin mengetahui cara mengatasi permasalahan gatal karena ketombe di rambutmu, ‘kan? Nah berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan gatal karena ketombe.

Cara Menghilangkan Kulit Kepala Gatal

  • Berkeramas jika diperlukan

Kamu tak perlu sering berkeramas. Kamu cukup berkeramas ketika kondisi kepala sudah tidak nyaman misalnya banyak keringat karena kena panas. Kamu bisa berkeramas minimal 2 kali dalam seminggu.

  • Menggunakan produk shampoo yang cocok

Gunakanlah produk shampoo yang cocok dengan kondisi kepalamu. Mengapa begitu? Karena tidak semua produk bisa cocok bagi rambutmu.

  • Gunakan bahan-bahan alami

Jika kamu ingin menggunakan bahan alami untuk membersihkan rambut, kamu bisa gunakan bahan alami seperti pepaya, lidah buaya, daun sirsak, atau lainnya untuk berkeramas. Bahan-bahan alami itu bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe dan permasalahan rambut lainnya dengan alami.

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit dengan Pepaya Secara Alami

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai penyebab rambut berketombe sekaligus cara mengatasinya. Tentunya kini kamu sudah bisa mengatasi permasalahan rambut berketombe yang kamu alami, benar bukan?